Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik - By Emi Marentina Simamora, S.Pd.
Berbicara tentang pendidikan tidak terlepas dari peran guru dalam mengajar, mendidik, dan menginspirasi peserta didik. Guru sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta didik agar mereka mampu bersaing di era globalisasi.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.
Selanjutnya yang menjadi kewajiban pendidik dan tenaga kependidikan menurut ketentuan Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah:
Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis.
Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
Di era globalisasi saat ini kreativitas dan inovasi menjadi ujung tombak persaingan khususnya bagi para generasi muda penerus bangsa. Generasi muda dituntut untuk mampu menciptakan produk atau karya unggul yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis sehingga mampu bersaing secara kompetitif. Menyikapi hal ini, kami (guru SD Regina Caeli) mengadakan ekstrakurikuler.
Menurut Permendikbud nomor 62 tahun 2014 pasal 1 kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Selanjutnya dalam pasal 2 dijelaskan kegiatan ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Di SD Regina Caeli ada beberapa jenis ekskul yang diadakan, yaitu: bina iman, pramuka, menggambar, english club, science club, math club, dance, dan life skills. Salah satu ekskul yang berisi kegiatan dengan banyak keterampilan adalah life skills. Ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik SD Regina Caeli.
Life skills merupakan ekstrakurikuler yang berisi kegiatan-kegiatan edukasi yang mengacu pada kecakapan atau keterampilan dasar peserta didik. Ekstrakurikuler ini penting untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik agar lebih kreatif dan mandiri di kemudian hari. Tujuan kami mengadakan ekstrakurikuler life skills adalah mendidik dan menginspirasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir secara aktif, kreatif, dan inovatif serta berani untuk mencapai suatu hasil, yaitu kreativitas.
Materi yang dipelajari dibuat langsung oleh guru sendiri dan dikemas semenarik mungkin. Adapun materi-materi yang dipelajari dalam ekstrakurikuler life skills adalah gaya hidup, makanan sehat, keterampilan, public relation, dan literasi digital. Dikarenakan situasi saat ini masih pandemi, maka pelaksanaan ekstrakurikuler dilakukan secara virtual melalui Zoom meeting. Teknis pelaksanaan ekstrakurikuler life skills adalah sebagai berikut:
Ekstrakurikuler life skills dilaksanakan dua minggu sekali bergantian dengan ekstrakurikuler pramuka.
Semua guru kelas terlibat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler ini. Setiap materi akan dipraktikkan langsung oleh beberapa guru secara virtual. Guru membuat video praktik tentang materi yang akan diajarkan.
Video praktik diunggah ke YouTube.
Saat kegiatan guru kelas menampilkan video praktik melalui share screen saat Zoom meeting.
Setelah video praktik selesai ditampilkan, guru dan peserta didik bersama-sama membuat produk sesuai dengan panduan dari video yang telah ditonton.
Produk yang sudah jadi difoto dan dikirim ke google classroom.
Supaya kegiatan ekstrakurikuler ini terlaksana dengan baik dan kreativitas peserta didik meningkat, beberapa hal yang kami lakukan, yaitu:
membuat kegiatan atau produk yang mudah dimengerti dan menginspirasi peserta didik,
produk yang akan dibuat mempunyai fungsi kontinu,
bahan untuk membuat produk mudah diperoleh peserta didik, dan
menyampaikan kepada peserta didik tentang manfaat ekstrakurikuler life skills untuk kehidupannya di masa depan.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kreativitas peserta didik khususnya di jenjang pendidikan SD, guru dapat memulai dengan kegiatan-kegiatan sederhana yang inspiratif dan mudah dilakukan oleh peserta didik, seperti mengadakan ekstrakurikuler life skills. Selain itu, dalam proses pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler, kami juga selalu memotivasi dan memberi semangat kepada peserta didik untuk menyelesaikan setiap produk keterampilannya. Dengan kegiatan-kegiatan sederhana yang dikemas menarik dan menginspirasi kami yakin kreativitas para peserta didik akan semakin meningkat sehingga di masa depan mereka mampu menciptakan karya-karya unggul yang mampu bersaing secara kompetitif.
DAFTAR PUSTAKA
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Permendikbud nomor 62 tahun 2014 pasal 1 dan pasal 2 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah
Sumber laman:
https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2062%20Tahun%202014.pdf
Komentar
Posting Komentar